SEX PISTOLS

Untitled design

Band Inggris yang ber-Aliran Punk Rock ini terdiri dari Johnny Rotten (Vocalist), Paul Cook (Drummer), Steve Jones (Guitarist) dan Glen Matlock (Bassist) terbentuk di London pada tahun 1975. Selama kurang lebih 2 tahun setengah, Sex Pistols sudah berhasil menghasilkan empat single dan satu album studio lho!!! Dan akhirnya pada tahun 1977 Matlock digantikan oleh Sid Vicious (Bassist). Sebelum tampil pada konser perdana nya, Sex Pistols sempat bermain di gig pertamanya di St. Martin’s School of Art di london pada November 1975, gak hanya manggung di 7 (tujuh) sekolah lainnya. Ternyata Sex Pistols melalui banyak perjuangan banget, mulai dari manggung di kampus, pentas seni sampai club dan pub selamat 1 tahun lamanya. Konser perdana Sex Pistols berlangsung diluar Inggris, tepatnya dalam sebuah acara pembukaan klub De Chalet Du Lac di Paris. Sehabis konser pertamanya berlangsung, Sex Pistols baru menjalankan Tour pertamanya di Inggris, mulai dari September hingga akhir Oktober, dan termasuk pertunjukannya di Penjara Chelmsford.

EMI OFFICE(Sex Pistols at EMI Records Office)

Sex Pistols mulai menarik perhatian EMI Records yang pada akhirnya EMI Records berhasil membuat Sex Pistols untuk meluncurkan single pertamanya yang berjudul “Anarchy in the UK” yang dirilis pada 26 November 1976. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi setelah Sex Pistols merilis single pertamanya, mulai dari sisi positive sampai hal yang negative. Band ini sering mendapat kritik sebagai band yang tidak mengerti dan bisa bermain musik dengan baik, akhirnya membuktikan ke publik kalau ternyata musik yang dimainkan Sex Pistols bisa mengubah kritikan tersebut. Band ini pun, berhasil menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu band Punk Rock yang menjadi Legenda gak hanya di Inggris, tapi hampir di seluruh negara yang masyarakatnya menyukai musik beraliran “PUNK“.

 

Sex_Pistols_in_Paradiso (Glen Matlock)

Sex Pistols hanya berjalan kurang lebih 3 tahun ini juga tidak berjalan begitu mulus. Akhirnya pada Januari 1977 Matlocktumblr_nj4uv5rPf91tb32yzo4_500 sang bassist dipecat dari Sex Pistols dengan alasan karena ia menyukai The Beatles. “Alasan yang gak masuk akal ya?” Posisi Matlock  akhirnya di gantikan dengan John Simon Ritchie Beverly atau yang biasa akrab di panggil dengan Sid Vicious. Sex Pistols akhirnya mulai mencari bassist untuk menggantikan Posisi Matlock, akhirnya sang Vokalis Johnny Rotten  meminta Sid Vicious untuk menggantikan Glen Matlock, karena selain permainan Bass nya yang cukup mengagumkan dan bagus, Sid Vicious merupakan salah satu fans dari Sex Pistols. Untuk pertama kalinya, Sid Vicious tampil bersama Sex Pistols pada 3 April 1977 di Screen on the Green, London.

 

389(Sex Pistols at Virgin Records after recording God Save The Queen)

Perjalanan Sex Pistols sama sekali tidak berjalan dengan sangat mulus, mulai dari Rumah Rekaman yang berganti-ganti. Dari EMI Records, Sex Pistols akhirnya bergabung dengan A&M dalam kurung waktu yang sangat singkat, karena kenakalan dan kerusuhan para anggotanya yang mengacak-acak kantor A&M kontraknya hanya berjalan seminggu dan kemudian dibatalkan oleh pihak A&M. Dan akhirnya Sex Pistols bergabung dengan Virgin Records, dan merilis single keduanya yang berjudul “God Save The Queen”.

 

385 (Sex Pistols stopped by Police in Westbourne Grove, May 23rd 1977

 

308Lagu God Save The Queen tersebut di anggap menghina keluarga dan kerajaan Inggris, sehingga BBC memutuskan dan melarang semua radio untuk memutarkan lagu tersebut. Para fans dari Sex Pistols sendiri pun tidak ambil diam, mereka melawan dan memberontak dan melakukan kerusuhan yang mengakibatkan para fans Sex Pistols harus ditahan polisi.

Pada anarchytourfulltahun 1976 Sex Pistols mengadakan Tour pertamanya yang dinamakan Anarchy Tour. Dari ke 26 Tour yang diadakan, hanya 6 yang berhasil mereka bawakan, diantaranya pada 6 Desember 1976 di Polytechnic, Leeds. Akhirnya pada bulan Oktober 1977 pun Sex Pistols meluncurkan album perdana yang berjudul Never Mind the Bollocks Here’s the Sex Pistols pun dirilis.Album ini pun menghasilkan beberapa single lagu yang sangat terkenal, seperti “God save The Queen” dan “Anarchy in the UK” yang sangat populer pada rilisan pertamanya di bulan Oktober tahun 1977 silam.

 

371(Sex pistols at Queen Elizabeth River Boat)

Seiring dengan berjalannya waktu, pada album pertamanya ini Sex Pistols mengadakan pertunjukan terakhirnya di Inggris, dan berencana untuk tur ke Amerika ini tidak dapat dijalankan karena belum mendapatkan pasport yang mengakibatkan pelanggaran hukum untuk anggota Sex Pitols. Akhirnya Tour yang sudah direncanakan di Amerika pun berpindah ke Holand, pada 6 Januari 1977 di Art Centre, Rotterdam, Holland. Dan berakhir pada 7 Juni 1977 di London, tepatnya di Queen Elizabeth River Boat.
Awal tahunusa7824 1978, Tour ke AS pun kembali dan di koordinasi oleh Malcolm McLaren. Turnya yang diberi nama USA Tour 1978 ini pun hanya berlangsung selama dua minggu, mulai dari 28 Desember 1977- 14 Januari 1978 di Winterland Ballroom, USA. Tour ini pun berlangsung sangat kacau dan mengakibatkan Sid Vicious dipukuli oleh para pengawalnya, dan membuat Johnny Rotten jatuh sakit dan banyak hal lain yang tidak mendukung pada USA Tour 1978 ini. Sehabis Tour yang tidak berlangsung sangat mulus, akhirnya Johnny Rotten mengumumkan untuk membubarkan Sex Pistols dari atas panggung.

 

” Band yang berlangsung kurang dari 3 tahun ini pun, sudah menjadi legenda sampai saat ini. Masih banyak banget ulasan tentang Sex Pistols yang akan dibahas, Mulai dari, break-nya, Johnny Rotten yang mengambil karir sebagai artis solo, Steve Jones dan paul Cook yang membantu Malcolm mcLaren untuk membuat soundtrack. Sex Pistols yang hadir kembali pada tahun 1996.”

Kalau ngebahas Sex Pistols dalam 1 artikel kayanya gak akan cukup deh! Masih banyak banget yang mau dibahas dan dikulik tentang Sex Pistols. Penasaran? Stay Tuned terus ya!! Sharing is caring 🙂 

 

Advertisements

5 thoughts on “SEX PISTOLS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s