Jakarta Contemporary Ceramics Biennale #4 “Ways of Clay” Galeri Nasional Jakarta ( Part 1 )

Merupakan pameran keramik terbesar di Asia Tenggara, JCCB (Jakarta Contemporary Ceramics Biennale#4) kemarin ini berlangsung sampai 22 Januari 2017 nanti. Bertempat di Galeri Nasional Jakarta, Indonesia pameran “Ways of Clay; Perspectives Toward The Future,” ini sudah berlangsung sejak 7 Desember 2016 yang lalu.

Menampilkan beberapa karya yang sangat mengagumkan dari 44 seniman dunia, yang berasal dari 23 negara. Banyaknya karya-karya dari masing-masing seniman yang ada di Galeri Nasional ini ngebuat gue pengen berlama-lama di sana dan nggak mau pulang kerumah.

Kalau sebelumnya sudah ada “Abad Fotografi” yang mana gue juga datang kesana *tapi belum sempet ngebuat artikelnya* gue selak dulu sama ‘Ways of Clay’ ya guys!

Ketika sesampainya di Galeri Nasional, lo semua bakalan disapa sama sederetan roti-roti yang bisa lo cicipin. Eh, tapi tahu nggak? Kalau roti yang ada di sini memang bukan sembarangan roti, bukan juga sari roti ya. Tapi, melainkan roti yang adonannya dibuat khusus dengan campuran clay, alias tanah liat. Hmm, kebayang nggak sih rasanya kaya apa? Tapi, buat kalian yang penarasan sama rasanya roti clay ini bisa dimakan, lho!

ways of clay 2016 galeri nasional
credit image: instagram @galerinasional

ways of clay 2016 galeri nasional

ways of clay 2016 galeri nasional
roti clay ini bisa dimakan, lho!

Gak cuma roti clay aja yang menjadi pusat perhatian para pengunjung dan salah satunya gue yang benar-benar menyaksikan langsung keindahan dari pameran keramik yang terbesar se Asia Tenggara ini. Sudah puas melihat-lihat roti clay, kini lagi-lagi gue dibuat takjub sama karya dari Mas Eddie Hara. Jujur, ini kali pertama gue ngeliat langsung karya Mas Eddie yang lainnya, biasanya gue cuma pernah ngelihat di Artotel Jakarta tapi karya clay punya beliau emang benar-benar mengesankan sekali!

ways of clay 2016 galeri nasional

ways of clay 2016 galeri nasional

Kalau masih penasaran sama karya-karya dari Mas Eddie yang super duper keren, langsung aja datang ke Galeri Nasional Jakarta, Indonesia. Karena, pameran ‘Ways of Clay’ masih ada!

Nggak cuma karya mas Eddie Hara yang keren-keren, ada juga beberapa seniman internasional yang ikut serta dalam pameran keramik terbesar se Asia Tenggara ini, diantaranya yang menjadi favorit gue adalah karya dari Angie Seah, seniman asal Singapore. Angie Seah menampilkan karya-karyanya yang diberikan tema “Broken Dreams Without Wings” ini mencampurkan dua elemen, media dan keramik.

ways of clay 2016 galeri nasional
Broken Dreams Without Wings – Angie Seah

Diselenggarakan di Gedung A,B dan C Galeri Nasional Indonesia, perhelatan pameran seni keramik kontemporer dua tahunan (biennale) ini benar-benar harus kamu kunjungi sebelum berakhir pada 22 Januari 2017 mendatang.

dibacaja-com-5
Broken Dreams Without Wings – Angie Seah

Banyaknya karya yang terdapat di Galeri Nasional Indonesia dalam pameran Ways of Clay ini tentunya nggak bakalan selesai kalau gue tulis cuma dalam satu artikel saja.

dibacaja-com-6

Tapi, karya terakhir yang mau gue kasih liat ke kalian semua ini adalah; karya dari Eva Larsson, salah satu Pekeramik asalh Swedia yang menghadirkan karyanya yang berjudul Stargaze. Di sini kalian bisa ngelihat ada instalasi 14 figur perempuan yang tengah memanjat tali dimensi bervariasi, *tapi bukan panjat social ya, hehehe*

dibacaja-com-7

Dalam pamerannya yang bertempat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta ini menampilkan cerita tentang manusia dengan cara berkomunikasi antara satu dan yang lainnya, saling membantu dan mencapai keinginan yang ingin diraihnya.

More pictures? Klik di sini.

Advertisements

2 thoughts on “Jakarta Contemporary Ceramics Biennale #4 “Ways of Clay” Galeri Nasional Jakarta ( Part 1 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s