Menjelajah Museum Macan dalam ‘First Sight’ yang Kedua Kalinya

Pada beberapa minggu yang lalu, gue diundang untuk melihat dan menjelajahi Museum MACAN ‘First Sight’ sebelum nanti akan diresmikan pada November mendatang. Pasti, namanya diundang, pastinya gue nggak pernah lupa untuk mengabadikan momen yang ada. Mulai dari berbagi foto ke Instagram dengan posting maupun instastory.

Museum Macan First Sight

Nah, nggak jarang juga yang pada nanya ke gue di socmed;

“Ih, kok bisa masuk ke Museum MACAN?”

“Gue mau dongg! Ahhhh ngiriiii”

“Sha, ini emang udah buka? Bukannya November?”

“Super keselll! Ada yayoi disana, mau liat dong gueeeee, pengen ke Jakarta ahhh!”

Yahhh! Guys, semua ini tergantung amal ibadah dan rezeki anak soleh ya, HAHAHA

Infinity Mirrored Room by Yayoi Kusama at Museum Macan
Infinity Mirrored Room by Yayoi Kusama at Museum Macan

Anyway, suka pada yang bingung ya? Kenapa namanya MACAN sih, padahal kan nggak ada macannya. Jadi gini, MACAN sendiri itu merupakan sebuah singkatan, yaitu (Modern and Contemporary Art in Nusantara).

Jadi gini, pada kesempatan yang lalu gue dikasih undangan untung datang dan melihat langsung ke Museum MACAN dengan tema yang diangkat ‘First Sight’, pasti kalian juga sudah sering melihat di instagram maupun social media lainnya. Yang menjadi banyak perhatian dan daya tarik para pengunjung adalah “Infinity Mirrored Room” karya Yayoi Kusama. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah datang langsung menikmati pameran ini sebelumnya di National Gallery Singapore; Yayoi Kusama “Life is in the heart of a Rainbow” agak sedikit biasa aja, tapi buat kalian yang belum sempat datang, mungkin ini kesempatan emas yang tak boleh terlewatkan.

Museum Macan First Sight
Duto Hardono’s Variation & Improvisation for ‘In Harmonia Progressio’

Kali kedua Museum MACAN mengundang para awak media dan para pencinta seni untuk datang dan turut menyaksikan program Museum MACAN “First Sight” yang merupakan seni performans dinamis di Jakarta, Indonesia. Setelah sukses sebelumnya pada 12 Agustus yang lalu, kini menyusul keberhasilannya pada pagelaran yang kedua 9 September 2017 yang lalu.

Bertempat di Musem MACAN, acara yang berlangsung dari pukul 10.00 pagi hingga sore menjelang pukul 18.00 berlangsung sangat meriah dan sangat memukau. Berhasil menampilkan 6 seniman Indonesia dan dunia, antara lain Arahmaiani, Mella Jaarsma, Xu Zhen, Duto Hardono, Heman Chong, dan Justin Shoulder. Pada Sabtu, 9 September yang lalu keenam seniman ini menampilkan performans yang sangat meriah dan sukses membuat Musem MACAN ramai dipadati oleh para pengunjung dan penikmat seni di Jakarta, Indonesia.

Museum Macan First Sight
In the Blink of an Eye (2005) by Xu Zhen

Dengan dibukanya kesempatan untuk berkunjung yang kedua ini agar para pengunjung bisa berkeliling dan menjelajahi gedungt baru, sebelum menuju pembukaan perdana pada bulan November mendatang. Buat kalian yang belum mendapatkan kesempatan dalam First Sight yang kedua ini, lo bisa mendaftarkan diri kalian menjadi member melalui situs web Museum MACANSupaya tidak ketinggalan update dan berita-berita maupun informasi tentang Museum MACAN, kalian juga bisa mengikutinya Museum MACAN di Sosial media.

Museum Macan First Sight
Aaron Seeto – Lead Indonesia’s Museum MACAN

“Bagi banyak orang, presentasi awal program ‘First Sight’ kami pada bulan Agustus merupakan pengalaman pertama mereka dengan seni performans. Sebagai bentuk seni performans mendorong komunikasi gagasan antara seniman dan khalayak secara langsung. Banyak orang  berkomentar bahwa program ini telah membuka wawasan yang lebih luas tentang kemungkinan menikmati seni di kota ini dan dengan itu sudah memperluas pengalaman budaya yang ada di Jakarta,” ujar Aaron Seeto , Selaku Direktur Museum MACAN

Museum Macan First Sight
Arahmaiani – Handle without Care

Selain itu, pada bulan September ini Museum MACAN juga meluncurkan programnya yang dinamakan MACAN Society, tentunya akan ada banyak sekali keuntungan yang didapat jika bergabung, mulai dari mendapatkan informasi terlebih dahulu tentang acara-acara yang akan diselenggarakan, bisa langsung berinteraksi dan berbincang kepada para seniman dan kurator, dan masih banyak lagi.

Museum Macan
Dogwalk by Mella Jaarsma

Guys, masih banyak banget performa yang keren-keren dari Museum MACAN ini, nggak bisa dan nggak cukup kalau di share semua. Buat yang penasaran, pantengin aja social medianya dan jangan lupa daftarin diri kamu menjadi salah satu member Museum MACAN supaya kamu nggak ketinggalan update dan acara-acara yang akan berlangsung.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s