Museum MACAN Resmi Dibuka Untuk Umum

Mungkin, untuk sebagian orang yang belum mengetahui keberadaan Museum MACAN akan beranggapan bahwa Museum yang satu ini memiliki banyak sekali Macan di dalamnya. Tapi, siapa sangka? Museum yang baru diresmikan pada 4 November 2017 yang lalu ini ternyata merupakan salah satu Museum yang tercatat sebagai institusi pertama di Indonesia yang emberikan akses publik terhadap para koleksikoleksi seni modern dan kontemporer. Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang disingkat MACAN ini tak hanya untuk para seniman Indonesia, melainkan internasional juga.

pembukaan museum macan
Pembukaan museum macan “Art Turns World Turns”

Dalam pameran perdananya yang diberi tema “Art Turns. World Turns.” ini akan dibuka hingga 18 Maret 2018 mendatang. Lewat beberapa karya-karya yang belum pernah dipamerkan kepada publik, Musem MACAN pun juga mendatangkan seni modern dan juga kontemporer. Tak hanya itu saja, pada pameran perdananya ini, Museum MACAN pun juga turut memperkenalkan Aaron Seeto selaku direktur Museum MACAN dan Fenessa Adikoesoemo selaku Chairwoman Museum MACAN.

pembukaan museum macan
Fenessa pada saat pembukaan Museum MACAN

Pada kesemapatannya pada saat pembukaan, Fenessa sempat bercerita mengenai latar belakang bagaimana Museum MACAN bisa berdiri. Dalam kesempatan ini, Fenessa pun tak segan untuk bercerita kepada para tamu bahwa Museum MACAN ini merupakan salah satu perwujudan cita-cita sang Ayah yang juga merupakan seorang kolektor karya seni rupa, harapan ini telat didambakan selama satu dekade.

Ia juga bercerita bahwa selama kurang lebih dari 25 tahun sang ayah pun telah mengoleksi kurang lebih 800 buah karya seni rupa, mulai dari seniman lokal maupun seniman mancanegara.

pembukaan musum MACAN
Karya I Nyoman Mariadi / Juling (Cross – Eyed) dan Sofa – 2005

Kamu tertarik melihat 90 karya seni dalam pameran “Art Turns. World Turns”? Kamu bisa langsung saja datang ke Musem MACAN, yang berlokasi di Gedung Wisma AKR di Jl. Panjang No.5 Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Pameran ini telah dibuka mulai dari 4 November yang lalu hingga 18 Maret 2018 mendatang.

Berapa harga tiket masuk Museum MACAN?

  • Dewasa: IDR 50,000
  • Pelajar: IDR 40,000
  • Anak-anak: IDR 30,000
Art Turns. World Turns.

Seni di zaman yang serba modern ini tentunya tak lagi para penikmat seni yang datang berkunjungan, melainkan para generasi-generasi milenial yang mulai penasaran dengan “seperti apa sih seni tersebut.” Tak jarang juga yang datang hanya untuk eksis di instagram dan berfoto di depan karya-karya yang terpampang pada dinding-dinding museum. Banyak juga yang datang ke Museum MACAN demi mengincar bisa befoto dalam kubik milik Yayoi Kusama yang tengah hits dikalangan para anak muda se Jakarta.

Infinity Mirrored Room by Yayoi Kusama at Museum Macan
Infinity Mirrored Room by Yayoi Kusama at Museum Macan

Untuk kamu para pencinta seni, tentunya jangan lewatkan juga kesempatan untuk menjadi member Museum MACAN, kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan akses selama 1 tahun dan kamu pun bisa mendapatkan potongan harga pada Museum MACAN Shop.

Cukup membayar Rp 300.000 kamu pun sudah bisa menjadi member resmi MACAN Society. Sangat disarankan untuk kamu yang ingin membeli tiket harian, sebelum datang berkunjung usahakan untuk membeli tiket pada website yang tertera untuk menghindari kehabisan tiket maupun jam kunjung yang sudah penuh.

Untuk keterangan lebih lanjut dan pembuatan membership kamu bisa langsung klik di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s